Oleh:
FITRYANI SRISANJAYA
L1B016030
MEDIA RELATION
PRODI ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS MATARAM 2018/2019
Kata Pengantar
Puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena atas
berkat, rahmat, dan anugerah-Nyalah penulis dapat menyelesaikan tugas paper
yang berjudul “Macam-Macam dan Implementasi Acara Pers terhadap Citra
Perusahaan” tepat pada waktunya. Penyusunan tugas ini bertujuan untuk
menyelesaikan tugas mata kuliah Media Relation dan menambah pengetahuan dari
penulis sendiri.
Penulis menyadari masih banyak
kekurangan dari penyusunan dan penulisan paper. Oleh karena itu penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Tidak lupa juga penulis ucapkan
terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Media Relation dan teman-teman
PR Ilmu Komunikasi. Demikian, semoga paper ini dapat bermanfaat.
Penulis
Mataram,
03 Oktober 2018
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Menjalin dan
menjaga hubungan dengan media merupakan cara efektif untuk membangun dan
menjaga, dan meningkatkan citra reputasi yang efektif untuk membangun citra
atau reputasi dari perusahaan atau organisasi di mata public.
Tentunya dalam
hal ini, lembaga harus menunjukkan suatu reputasi agar dapat dipercaya media.
Hal itu dapat dilakukan dengan selalu menyiapkan bahan-bahan informasi akurat
dimana dan saja diminta. Ini dapat dilakukan dengan memasok informasi yang
baik. Tentu saja disini di butuhkan sebuah badan penerbit yang dapat di percaya
untuk membuat suatu terbitan berita melalui media massa secara berkelanjutan.
Badan penerbit tersebut adalah pers. Pers
adalah badan yang membuat penerbit media massa secara berkala. Dalam UU pers
no. 40 tahun 1999, pers adalah lembaga social dan wahana komunikasi massa yang
melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi, mencari, memiliki, menyimpan,
mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar,
suara dan gambar, serta data dan grafik
maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik
dan segala jenis saluran yang tersedia.
Dari hal di atas
dapat dikatakan sebuah korporat saat ini sangat membutuhkan sebuah media
relation untuk membuat citra kepada public. Untuk menunjang hal tersebut di
butuhkan sebuah media relation dimana ada sebuah badan resmi dari media yaitu
pers. Dimana pers ini memiliki macam-macam acara pers dan implementasinya dari
masing-masing acara pers dari image perusahaan, beserta kasus yang akan di
bahas dalam paper ini.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apa Saja
Macam-Macam Acara Pers?
2.
Bagaimana
Implementasi Acara Pers Terhadap Citra Korporat?
3.
Apa Saja Contoh
Kasus Acara Pers?
1.3
Tujuan
1.
Untuk
Menyelesaikan Tugas Mata Kuliah Media Relation.
2.
Untuk Menambah Pengetahuan.
PEMBAHASAN
2.1
Macam-Macam Acara Pers
1.
Pers Tour
Pers tour atau kunjungan pers yang diselenggarakan
oleh organisasi untuk member kesempatan pada wartawan untuk mengetahui kondisi,
aktivitas, dan permasalahan organisasi. Jurnalis atau sekelompok jurnalis
diundang guna mengunjungi sebuah pabrik, menghadiri pembukaan kantor baru
disusul dengan peninjauan bersama atau demonstrasi produk baru. Acara ini
disertai fasilitas transportasi, jamuan, ramah tamah akomodasi penginapan.
Implementasi dari
pers tour terhadap citra perusahaan adalah:
·
Meningkatkan
citra baik perusahaan denga media dan public
·
Perusahaan
mendapat atau memperoleh hubungan baik dengan media
·
Perusahaan dapat
pemberitaan gratis
·
Perusahaan
mendapat kepercayaan dari pers
·
Perusahaan
seperti memiliki tangan kanan yaitu pers
2.
Resepsi Pers
Resepsi pers yaitu pertemuan khusus dengan media
dalam bentuk seremonial. Resepsi pers bias juga berarti acara kumpul kalangan
pers yang menyenangkan, lebih terencana dan terorganisir. Pers akan di undang
untuk meliput suatu acara, mendengarkan keterangan resmi atau sekedar
bercakap-cakap guna mendekatkan hubungan antara jurnalis dengan
perusahaan/organisasi yang bertindak sebagai penyelenggara. Acara akan disertai
jamuan dan presentasi atau demonstrasi audio visual.
Target resepsi pers yaitu untuk memantau hasil
publikasi setelah acara. Resepsi di lakukan sebulan sekali atau setengah tahun
sekali. Biasanya wartawan diperkenalkan dengan pemimpin perusahaan sekaligus
dengan biografinya dan wartawan di beri tempat strategis untuk meliput.
Implementasi dari resepsi pers sangat berdampak besar terhadap perusahaan,
sebagai berikut:
·
Perusahaan akan
lebih dekat dengan media karena kontak pribadi secara informal.
·
Perusahaan dapat
memberikan pelayanan informasi sebanyak mungkin kepada media, sehingga
perusahaan tidak kawhatir terhadap sedikitnya pemberitaan media tentang
perusahaan tersebut.
·
Perusahaan dapat
dengan cepat mengantisipasi lebih awal kemungkinan darurat yang akan terjadi
dikemudian hari.
3.
Konferensi Pers
Konferensi pers
ada dua terencana dan tidak di rencanakan. Konferensi pers terencana adalah
kegiatan yang direncanakan untuk menyampaikan kebijakan baru, peluncuran produk
baru, pembangunan usaha, pemberitahuan special event tertentu untuk di
publikasi. Konferensi pers tidak terencana adalah kegiatan mendadak untuk
mengklarifikasi suatu masalah, menanggulangi situasi tertentu, dan sering
karena permintaan media massa.
Kunjungan pers
juga merupakan pertemuan para jurnalis yang sengaja dikumpulkan untuk mendapatkan
informasi perihal topic yang tengah hangat dibicarakan. Acara ini biasanya di
rencakan mendadak dan kadang tempat dan jamuan seadanya.
Implementasi
konferensi pers terhadap citra perusahaan adalah:
·
Perusahaan
mendapatkan kepercayaan media dan masyarakat
·
Sebagai ajang
perusahaan memperkenalkan produk, penemuan, trobosan ilmiah, atau layanan baru.
·
Perusahaan dapat
mengontrol dalam waktu yang bersamaan pesan yang akan di publikasikan oleh
media
·
Konferensi pers
juga dapat tetap membuat citra perusahaan meningkat jika terjadi isu atau
krisis, sehingga perusahaan dapat dengan cepat memaparkan langkah-langkah yang
mereka ambil dalam menanggulangi masalah jika berkenaan dengan perusahaan.
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari
pembahasan di atas adalah hubungan dengan pers bukan untuk meminta sesuatu
tetapi memberi dan melayani kepada kalangan pers yang harus dilakukan oleh PR.
PR memberikan informasi, pelayanan fasilitas dan ramah tamah. Kemudian member
dukungan dan kemudahan menyebarluaskan informasi tentang perusahaan untuk
pengetahuan public yang merupakan modal besar untuk citra dan kesuksesan
perusahaan.
3.2 Saran
Dalam penulisan paper ini penulis menyadari
banyaknya kekurangan dalam hal penyajian materi dan penulisan. Mohon masukkan
dan sarannya. Semoga paper ini bermanfaat.
REFERENSI
Komentar
Posting Komentar