Langsung ke konten utama

MACAM-MACAM DAN IMPLEMENTASI ACARA PERS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN


MACAM-MACAM DAN IMPLEMENTASI ACARA PERS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN
Oleh:
FITRYANI SRISANJAYA
L1B016030
MEDIA RELATION
PRODI ILMU KOMUNIKASI




UNIVERSITAS MATARAM 2018/2019


Kata Pengantar

            Puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, rahmat, dan anugerah-Nyalah penulis dapat menyelesaikan tugas paper yang berjudul “Macam-Macam dan Implementasi Acara Pers terhadap Citra Perusahaan” tepat pada waktunya. Penyusunan tugas ini bertujuan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Media Relation dan menambah pengetahuan dari penulis sendiri.
            Penulis menyadari masih banyak kekurangan dari penyusunan dan penulisan paper. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Tidak lupa juga penulis ucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Media Relation dan teman-teman PR Ilmu Komunikasi. Demikian, semoga paper ini dapat bermanfaat.



Penulis

Mataram, 03 Oktober 2018













PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Menjalin dan menjaga hubungan dengan media merupakan cara efektif untuk membangun dan menjaga, dan meningkatkan citra reputasi yang efektif untuk membangun citra atau reputasi dari perusahaan atau organisasi di mata public.
Tentunya dalam hal ini, lembaga harus menunjukkan suatu reputasi agar dapat dipercaya media. Hal itu dapat dilakukan dengan selalu menyiapkan bahan-bahan informasi akurat dimana dan saja diminta. Ini dapat dilakukan dengan memasok informasi yang baik. Tentu saja disini di butuhkan sebuah badan penerbit yang dapat di percaya untuk membuat suatu terbitan berita melalui media massa secara berkelanjutan.
     Badan penerbit tersebut adalah pers. Pers adalah badan yang membuat penerbit media massa secara berkala. Dalam UU pers no. 40 tahun 1999, pers adalah lembaga social dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi, mencari, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data  dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.
Dari hal di atas dapat dikatakan sebuah korporat saat ini sangat membutuhkan sebuah media relation untuk membuat citra kepada public. Untuk menunjang hal tersebut di butuhkan sebuah media relation dimana ada sebuah badan resmi dari media yaitu pers. Dimana pers ini memiliki macam-macam acara pers dan implementasinya dari masing-masing acara pers dari image perusahaan, beserta kasus yang akan di bahas dalam paper ini.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa Saja Macam-Macam Acara Pers?
2.      Bagaimana Implementasi Acara Pers Terhadap Citra Korporat?
3.      Apa Saja Contoh Kasus Acara Pers?


1.3  Tujuan
1.      Untuk Menyelesaikan Tugas Mata Kuliah Media Relation.
2.      Untuk Menambah Pengetahuan.






PEMBAHASAN
2.1  Macam-Macam Acara Pers
1.      Pers Tour
Pers tour atau kunjungan pers yang diselenggarakan oleh organisasi untuk member kesempatan pada wartawan untuk mengetahui kondisi, aktivitas, dan permasalahan organisasi. Jurnalis atau sekelompok jurnalis diundang guna mengunjungi sebuah pabrik, menghadiri pembukaan kantor baru disusul dengan peninjauan bersama atau demonstrasi produk baru. Acara ini disertai fasilitas transportasi, jamuan, ramah tamah akomodasi penginapan.
Implementasi dari pers tour terhadap citra perusahaan adalah:
·         Meningkatkan citra baik perusahaan denga media dan public
·         Perusahaan mendapat atau memperoleh hubungan baik dengan media
·         Perusahaan dapat pemberitaan gratis
·         Perusahaan mendapat kepercayaan dari pers
·         Perusahaan seperti memiliki tangan kanan yaitu pers

2.      Resepsi Pers
Resepsi pers yaitu pertemuan khusus dengan media dalam bentuk seremonial. Resepsi pers bias juga berarti acara kumpul kalangan pers yang menyenangkan, lebih terencana dan terorganisir. Pers akan di undang untuk meliput suatu acara, mendengarkan keterangan resmi atau sekedar bercakap-cakap guna mendekatkan hubungan antara jurnalis dengan perusahaan/organisasi yang bertindak sebagai penyelenggara. Acara akan disertai jamuan dan presentasi atau demonstrasi audio visual.
Target resepsi pers yaitu untuk memantau hasil publikasi setelah acara. Resepsi di lakukan sebulan sekali atau setengah tahun sekali. Biasanya wartawan diperkenalkan dengan pemimpin perusahaan sekaligus dengan biografinya dan wartawan di beri tempat strategis untuk meliput. Implementasi dari resepsi pers sangat berdampak besar terhadap perusahaan, sebagai berikut:
·         Perusahaan akan lebih dekat dengan media karena kontak pribadi secara informal.
·         Perusahaan dapat memberikan pelayanan informasi sebanyak mungkin kepada media, sehingga perusahaan tidak kawhatir terhadap sedikitnya pemberitaan media tentang perusahaan tersebut.
·         Perusahaan dapat dengan cepat mengantisipasi lebih awal kemungkinan darurat yang akan terjadi dikemudian hari.

3.      Konferensi Pers
Konferensi pers ada dua terencana dan tidak di rencanakan. Konferensi pers terencana adalah kegiatan yang direncanakan untuk menyampaikan kebijakan baru, peluncuran produk baru, pembangunan usaha, pemberitahuan special event tertentu untuk di publikasi. Konferensi pers tidak terencana adalah kegiatan mendadak untuk mengklarifikasi suatu masalah, menanggulangi situasi tertentu, dan sering karena permintaan media massa.
Kunjungan pers juga merupakan pertemuan para jurnalis yang sengaja dikumpulkan untuk mendapatkan informasi perihal topic yang tengah hangat dibicarakan. Acara ini biasanya di rencakan mendadak dan kadang tempat dan jamuan seadanya.
Implementasi konferensi pers terhadap citra perusahaan adalah:
·         Perusahaan mendapatkan kepercayaan media dan masyarakat
·         Sebagai ajang perusahaan memperkenalkan produk, penemuan, trobosan ilmiah, atau layanan baru.
·         Perusahaan dapat mengontrol dalam waktu yang bersamaan pesan yang akan di publikasikan oleh media
·         Konferensi pers juga dapat tetap membuat citra perusahaan meningkat jika terjadi isu atau krisis, sehingga perusahaan dapat dengan cepat memaparkan langkah-langkah yang mereka ambil dalam menanggulangi masalah jika berkenaan dengan perusahaan.


PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Jadi kesimpulan dari pembahasan di atas adalah hubungan dengan pers bukan untuk meminta sesuatu tetapi memberi dan melayani kepada kalangan pers yang harus dilakukan oleh PR. PR memberikan informasi, pelayanan fasilitas dan ramah tamah. Kemudian member dukungan dan kemudahan menyebarluaskan informasi tentang perusahaan untuk pengetahuan public yang merupakan modal besar untuk citra dan kesuksesan perusahaan.

3.2  Saran
Dalam penulisan paper ini penulis menyadari banyaknya kekurangan dalam hal penyajian materi dan penulisan. Mohon masukkan dan sarannya. Semoga paper ini bermanfaat.


REFERENSI













Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL PENELITIAN KUALITATIF MAKNA KOMUNIKASI MELALUI GAYA PAKAIAN TERHADAP CITRA DIRI MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM ANGKATAN TAHUN 2016 Oleh : Fitryani Srisanjaya L1B016030 Prodi Ilmu Komunikasi UNIVERSITAS MATARAM 2018 ABSTRAK Mengetahui adanya makna komunikasi melalui gaya berpakaian mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2016. Adakah faktor yang mempengaruhi gaya berpakaian, seperti konsep diri, status sosial, gaya hidup dan pencitraan. Apakah ada makna komunikasi yang akan di sampaikan atau tidak. Oleh karena itu penelitian ini di lakukan untuk mencari data apa yang mempengaruhi gaya berpakaian seorang mahasiswa ILKOM dan apakah ada penyampaian makna komunikasi melalui gaya berpakaian.             Penelitian ini di lakukan pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNRAM angkatan 2016. Pengumpulan data penelitian melalui observasi dan survei kuisioner terbuka untuk mengetahui penyampaian makna...

GAJE

Asalamualaikum... Akhirnya kesampaian juga buat nulis lagi. Moodnya lagi bagus, eh iya kan moodnya selalu bagus karna ada Allah hehe.. oh iya sudah masuk hari ke-11 di bulan RAMADHAN nih, alhamdulillah. Dibulan yang penuh berkah ini semoga keimanan kita bertambah, hafalannya nambah, makannya juga nambah hehhe eh silahturahimnya lancar dan tetap istiqomah saat bulan ramadhan nanti berakhir. oke kayaknya sebentar lagi azan subuh, semoga dimudahkan untuk beribadah. Next time saya akan nulis yang banyak lagi tentang..? emmm? entahlah..semoga Allah mudahkan amiin...

Etika Privasi dalam Dunia Nyata dan Maya

Menjaga Privasi Dalam Dunia Maya Dan Nyata Melalui Pemahaman Etika Komunikasi    Di era yang serba moderen saat ini begitu sangat memudahkan segala bidang kehidupan. Dimana, dari segi ekonomi, pendidikan, agama, sosial dan budaya dapat sangat terbantu berkat pesatnya perkembangan teknologi. Hal tidak lepas dari pengguna teknologi informasi itu sendiri. Para pengguna teknologi yang mendukung suksesnya suatu teknologi itu berkembang dan berada di tengah-tengah masayarakat. Dari penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Yang mana tidak semua orang dapat bijak dan beretika dalam penggunaannya. Setiap orang akan cendrung menggunakan teknologi untuk membantu kehidupannya, misal pekerjaan. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa penggunaan teknologi informasi butuh suatu etika agar tidak menguntungkan diri semata tetapi juga orang lain. Sebab, manusia tetaplah makhluk sosial secanggih apapun teknologi yang mereka mil...